Cara Mengatasi Penyebab Mesin Genset Tidak Bisa Menyala

Posted on

Cara Mengatasi Penyebab Mesin Genset Tidak Bisa Menyala

Jual Genset – Mesin genset sengaja kita beli untuk membantu menghadirkan energy listrik untuk kita ketika PLN mematikan listrik entah itu disengaja karena perbaikan maupun tidak sengaja karena adanya bencana alam yang membuat listrik terputus begitu saja. Bayangkan bagaimana kita bisa bertahan sehari saja tanpa listrik, mungkin jika di pagi hingga sore hari tidak akan jadi masalah namun ketika sudah menjelang malam, tentunya tidur tanpa lampu akan membuat kita merasa tidak nyaman apalagi jika pancuran air pun tidak mengeluarkan air.

Supaya mesin genset kita tetap awet dan bisa digunakan terus sebagai sumber listrik kedua, maka rawatlah mesin genset dengan baik dan hindari beberapa penyebab mesin genset gagal menyala ketika dibutuhkan sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini;

Baterai Atau Aki Genset yang Tekor

Jika mesin genset Anda susah sekali untuk distater maka sudahkah Anda melihat bagaimana kondisi dari aki mesin genset? Aki pada mesin genset yang tekar bisa jadi penyebab mengapa mesin genset tidak bisa lagi dinyalakan dengan baik sebagaimana mestinya. Tekor merupakan kondisi isi aki tidak mencukupi atau cukup kuat untuk membantu menggerakan mesin saat mencoba untuk menyalakannya.

Akibantya, pada putaran mesin yang kurang tinggi, serta kompresi bahan bakar tidak sempurna jadi mesin akan mengalami kegagalan menyala. Sedangkan, pada mesin yang memakai busi, kurangnya daya dapat membuat busi tidak mampu untuk bekerja secara optimal jadi tidak terjadi pembakaran yang baik dan benar di ruang bakar.

Supaya akinya tidak tekor, pastikan Anda melakukan pengecekan pada permukaan air elektrolit aki di level mencukupi. Bila air elektrolit pada mesin genset Anda mendekati level rendah, maka ini aadlah waktu yang epat untuk penambahan air elektrolit.

Pastikan pula untuk selalu menjaga kebersihan dari terminal aki, bila ditemukan adanya kerak, maka Anda bisa segera membersihkannya memakai air, usahakan pakai yang panas. Bila menemukan baut penghubung di antara terminal juga skun kabelnya mengendur, maka segera kencangkan. Baut kendor, merupakan pemicu munculnya kerak.