Kenali Apa Itu Jasa Penerjemah Tersumpah

Posted on

 

 

 

 

 

Jasa penerjemah tersumpah atau sworn translator ialah penerjemah yang telah lulus dalam Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) dan sudah dipungut sumpahnya oleh Gubernur DKI Jakarta atau pejabat yang ditunjuk.

Materi yang diujikan ialah terjemahan yang terdapat hubungannya dengan bidang hukum. Calon penerjemah tersumpah dapat lulus andai nilainya A atau paling tidak 80 dan mesti mempunyai kartu tanda warga warga Jakarta. Setelah dipungut sumpahnya semua penerjemah resmi menemukan SK dan sudah dapat praktik sebagai penerjemah.

Jasa penerjemah tersumpah seringkali dibutuhkan guna mengurus masalah dokumen yang bersangkutan dengan keimigrasian atau untuk destinasi ke luar negeri, laksana akte kelahiran, kartu keluarga, surat nikah, ijazah, dan dokumen urgen lainnya

Namun, tidak seluruh orang memahami apa pengertian dari penerjemah tersumpah? Ini lantaran, di tengah masyarakat seorang yang memiliki keterampilan menerjemahkan sebuah Bahasa dinamakan sebagai translator. Ternyata penerjemah pun terdiri atas dua macam yaitu penerjemah yang tidak terbelenggu oleh siapa juga dan penerjemah tersumpah yang bekerja di suatu kantor jasa penyedia penerjemah handal. Lantas, apakah perbedaan dan pengertian dari dua jenis penerjemah tersebut.

Jika disaksikan dari pengertian kata penerjemah tersumpah, maka dapat ditafsirkan sebagai penerjemah yang ditetapkan lolos kualifikasi UKP atau Ujian Kualifikasi Penerjemahan. Setelah mereka ditetapkan berhak menemukan sertifikat, semua penerjemah tersebut dipungut sumpahnya oleh Gubernur atau pejabat yang diandalkan atau ditunjuk untuk mengerjakan sumpah tersebut.

Ujian yang mesti mereka lalui diadakan oleh fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, dan kriteria kelulusan mereka mesti ditetapkan dengan nilai A atau paling tidak mendapatkan akumulasi evaluasi 80. Biasanya semua penerjemah ini diperlukan untuk pengurusan sebanyak dokumen yang bersangkutan dengan keimigrasian dari dalam maupun luar negeri. Dokumen lainnya juga dapat berupa akte lahir, surat jual beli atau juga surat dagang antar perusahan.