Liburan Ke luar Negeri dengan Nyaman Paspor

Posted on

 

Semua orang yang ingin bepergian ke luar negeri pastinya ingin nyaman dan perlu menggunakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki yaitu passport. Meski Anda tidak menggunakan visa, tapi Anda wajib memiliki passport. Tanpa buku tersebut, Anda tidak akan bisa pergi ke negara lain dan dianggap sebagai wisatawan ilegal. Maka tidak ada salahnya membuat passport sesegera mungkin sebelum pergi keluar negeri apalagi sekarang sudah ada pembuatan passport secara online. Keuntungan membuat passport di Internet adalah:

  1. Lebih murah karena tidak pakai transport

Pembuatan passport kini mudah dan bisa dilakukan secara online banyak dipilih sekarang karena sebenarnya lebih murah. Tarif pembuatan yang dikenakan pihak imigrasi tetap sama yaitu 250.000 sampai 300.000 rupiah. Tetapi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk transport ke imigrasi. Belum lagi uang untuk fotokopi, parkir, dan makan karena pembuatan passport biasa membutuhkan waktu sangat lama. Pembuatannya secara manual memungkinkan Anda untuk kembali dua kali ke kantor imigrasi. Misalnya Anda mendapat nomor antrian banyak dan terlalu lama menunggu maka Anda dapat pulang dulu. Itu akan memakan semakin banyak uang transport sehingga Anda harus mengahabiskan biaya banyak. Belum lagi jika ternyata nomor antriannya habis karena beberapa kantor imigrasi memberi batasan nomor antrian. Anda harus kembali lagi di hari berikutnya dan menghabiskan transport.

  1. Menghemat waktu

Melalui pembuatan passport akses internet, Anda akan sangat menghemat banyak waktu. Pembuat surat tersebut akan didahulukan oleh petugas imigrasi. Sering kali pada beberapa kantor imigrasi di Indonesia, Anda harus datang satu hingga dua jam sebelum kantor buka agar bisa mendapat nomor antrian depan. Maka sama saja karena Anda juga harus menunggu lama untuk nomor antrian tersebut kantor imigrasi belum dibuka. Melalui pendaftaran secara online, Anda bisa mendapatkan prioritas karena antrian untuk paspor online atau manual disendirikan. Anda tidak perlu datang sangat pagi karena hanya tinggal melalui proses foto dan wawancara saja di kantor imigrasi. Selain itu antrian untuk pembuat buku untuk ke luar negeri jauh lebih sedikit. Anda juga bisa memilih sendiri kapan Anda ingin melakukan foto dan wawancara sehingga bisa lebih cepat.

  1. Prosesnya lebih mudah

Proses untuk pembuatan passport lewat akses internet bisa jauh lebih mudah. Anda bisa mengumpulkan berkas secara scan dengan diupload sehingga tidak perlu foto kopi dan membawanya ke kantor imigrasi. Kemudahan inilah yang sering dicari karena pembuatan dengan manual memang terkesan ribet. Pembuatan buku secara manual mengharuskan Anda untuk datang mengisi berkas dan formulir di tempat lalu menunggu. Jika Anda terlalu lama mengisi formulir maka Anda akan mendapatkan nomor antrian yang belakang. Melalui pendaftaran online Anda dapat mengisi formulir secara online jadi lebih cepat, baru kemudian datang ke kantor imigrasi untuk foto passport.

  1. Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun

Salah satu ciri khas online adalah dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Anda bisa mendaftar online pada jam berapapun bahkan malam hari sekalipun. Anda juga bisa mendaftar dimanapun Anda berada, baik di rumah ataupun di kantor. Kemudahan inilah yang ditawarkan oleh layanan passport. Prosesnya memungkinkan Anda yang sibuk untuk bisa mendaftar lebih mudah. Melakukan pendaftaran secara manual dapat menghabiskan waktu hingga satu hari penuh jadi sangat tidak efektif terutama bagi Anda yang pegawai kantoran. Maka melalui pembuatan secara online, Anda tidak perlu bolos bekerja hanya untuk mendaftar passport karena Anda bisa melakukannya di rumah kapanpun Anda mau.

Selain memberikan pelayanan pembuatan passport secara online, teknologi yang dikembangkan oleh pemerintah lainnya adalah e- passport atau elektronik passport. Surat ini adalah yang memiliki teknologi terbaru di dalamnya sehingga jauh lebih mudah digunakan dari pada passport biasa. Meski belum semua warga Indonesia bisa membuat e- passport ini tapi keberadaannya mulai banyak dicari tahu. E- passport sebenarnya sudah lama diterapkan di negara-negara lain terutama negara maju. Bahkan beberapa negara mewajibkan warganya untuk memiliki e- passport dari pada yang biasa. Berikut adalah perbedaan e- passport dengan biasa:

–              Harga pembuatan e- passport jauh lebih mahal

Harga untuk pembuatan e- passport jauh lebih mahal dari pada yang biasa. Jika biasanya untuk membuat passport biasa membutuhkan 300.000 rupiah, maka e- passport mengharuskan Anda untuk membayar kurang lebih 650.000 rupiah. Harga ini dua kali lipat lebih banyak dari pada harga pembuatan buku biasa. Tentunya perbedaan harga yang sangat jauh terjadi karena dari segi teknologi yang digunakan, e- passport pembuatannya lebih sulit jadi harganya akan lebih mahal.

–              Tidak perlu antri pemeriksaan paspor di bandara

Beberapa bandara di Indonesia telah mempermudah proses pemberangkatan ke luar negeri untuk Anda yang memiliki e- passport. Anda tidak perlu antri panjang dan lama untuk pemeriksaan paspor karena sudah ada alat pemindai khusus untuk e- passport dan pastikan memiliki produk travel insurance yang bisa Anda beli di Futuready. Meski belum semua bandara di Indonesia seperti ini, tapi jika Anda mengunjungi negara maju nantinya Anda hanya perlu memindai Anda dengan cepat. Jadi tidak perlu menunggu antrian yang panjang, terutama jika Anda buru-buru karena pesawat akan segera berangkat.

–              Memiliki chip di bagian sampul paspor

Keuntungan berikutnya dari memilikinya adalah terdapat chip di dalam buku tersebut. Chip adalah teknologi terbaru yang memungkinkan seseorang untuk menyimpan semua data dalam satu alat kecil tersebut. Data-data yang tersimpan akan sangat aman sehingga terhindar dari manipulasi. Selain itu penggunaan chip ini tidak memungkinkan untuk pembuatan paspor palsu sehingga kedua negara menjadi lebih aman tanpa adanya wisatawan ilegal.

–              Tidak semua kantor imigrasi bisa melayani pembuatan e-paspor

Sayangnya tidak semua kantor imigrasi di Indonesia bisa melayani pembuatan e-paspor. Keterbatasan alat teknologi yang dimiliki memungkinkan hanya beberapa bandara saja yang bisa membuat e-paspor. Saat ini hanya Jakarta dan Surabaya saja yang bisa membuat layanan e-paspor sehingga jika Anda tinggal di daerah lain Anda harus lebih bersabar karena tidak ada layanan e-paspor.

–              Terdapat layanan khusus di negara tertentu

Namun, jika Anda memiliki e-paspor, Anda bisa mendapatkan keuntungan tertentu di beberapa negara. Misalnya saja Anda yang memiliki e-paspor bisa mengunjungi Jepang tanpa visa. Sehingga Anda dapat dengan mudah ke Jepang kapanpun tanpa harus mengurus visa yang sangat rumit. Keuntungan yang disediakan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk membuat e-paspor. Anda bisa mendapatkan keuntungan lainnya di beberapa negara sesuai kebijakan negara tersebut.

–              Bisa dibuat secara online

E-paspor lebih banyak dibuat secara online. Meski paspor biasa juga bisa dibuat secara online, tapi e-paspor kebanyakan dibuat online karena sifat dari e-paspor sendiri juga menggunakan teknologi terkini. Proses pendaftaran e-paspor jauh lebih mudah dan lebih cepat dari pada paspor biasa yang terkesan ribet dan lama. Anda bisa mendaftar e-paspor secara online dimanapun Anda berada asal kantor imigrasi di kota Anda sudah melayani pembuatan e-paspor.